bagaimana sistem kerja Mikrofon?

Mic atau mikrofon adalah sebuah peralatan elektronika yang berfungsi sebagai penangkap suara dan mengubahnya menjadi data analog.

Mikrofon sebenarnya berbentuk atau tersusun dari komponen yang sama dengan sebuah speaker. Hanya saja dengan skala yang lebih kecil.

Namun demikian, cara kerja mikrofon ini kebalikan dari speaker. Membran atau diafragma pada sebuah speaker berfungsi untuk menangkap getaran suara untuk kemudian menggerakan spul yang dikelilingi oleh magnet tetap. Gerakan naik turun inilah yang kemudian membuat spul mikrofon menghasilkan pulsa/data analog yang sangat kecil.

Data analog inilah yang kemudian di lanjutkan untuk diperkuat pada rangkaian Preamp. mengapa harus lewat preamp dulu?  mengapa tidak langsung ke tone control atau audio mixer?
ini karena pulsa atau data yang dihasilkan oleh sebuah mikrofon ini terlalu kecil untuk bisa diolah oleh rangkaian mixer tersebut. Inilah mengapa rangkaian preamp wajib untuk sebuah mikrofon.

Rangkaian preamp juga dibutuhkan untuk sebuab mic condenser yang sistem kerjanya berbeda dengan mikrofon spul. sistem kerja Condenser mic ini yaitu mic ini akan berubah-ubah nilai kapasitansinya jika menerima suara. Oleh karena sistem kerjanya yang berbeda ini, maka mic condenser yang berciri-ciri mempunyai ukuran kecil ini membutuhkan rangkaian preamp yang berbeda dengan mikrofon sistem spul diatas.

Semoga menambah pengetahuan kalian ya. :)

No comments:

Popular Posts