Mengenal IC regulator 78xx juga keuntungan dan kelebihannya (7805, 7812, 7806 dll)


IC  78xx (kadang-kadang L78xx, LM78xx, MC78xx ...) adalah keluarga IC regulator tegangan . Keluarga 78xx umumnya digunakan dalam sirkuit elektronik yang membutuhkan power supply yang diatur karena kemudahan penggunaan dan biaya rendah. Untuk IC ini, xx diganti dengan dua digit, yang menunjukkan output tegangan (misalnya, 7805 memiliki output 5 volt, sedangkan 7812 memproduksi 12 volt). 78xx adalah kode regulator yang bekerja pada tegangan positif: artinya mereka menghasilkan tegangan out put positif. Sedangkan Lawannya adalah 79XX yang menghasilkan Out put negatif. 78xx dan IC 79XX dapat digunakan dalam kombinasi untuk menyediakan pasokan tegangan positif dan negatif di sirkuit yang sama.
IC 78xx memiliki tiga kaki. Dari tampak depan, maka kaki pertama (Kaki paling kiri jika tdilihat dari depan) adalah Input (positif untuk seri 78xx dan Negatif Untuk seri 79xx), kaki berikutnya atau kaki kedua adalah negatif atau positif untuk seri 79xx, dan kaki ketiga sebagai outputnya. IC ini mendukung tegangan input berapa saja di atas tegangan output yang diinginkan, sampai maksimum 35 sampai 40 volt tergantung pada merek, dan biasanya outputnya 1 atau 1,5 ampere (meskipun paket yang lebih kecil atau lebih besar mungkin memiliki Peringkat yang lebih rendah atau lebih tinggi saat ini).

-Keuntungan

78xx tidak memerlukan komponen tambahan untuk bekerja, sumber diatur bebas, membuat mereka mudah digunakan, serta penggunaan ekonomis dan efisiensi ruang. Regulator tegangan lainnya mungkin memerlukan komponen tambahan untuk mengatur tingkat tegangan keluaran, atau untuk membantu dalam proses regulasi. Beberapa desain lain (seperti power supply switched-mode ) mungkin perlu keahlian teknik substansial untuk bekerja.
78xx memiliki perlindungan terhadap sirkuitnya jika arus terlalu banyak. Mereka memiliki perlindungan terhadap konsleting dan panas berlebih, membuat mereka cukup kuat di sebagian besar aplikasi. Dalam beberapa kasus, fitur pembatas arus dari perangkat 78xx dapat memberikan perlindungan tidak hanya untuk 78xx itu sendiri, tetapi juga untuk bagian lain dari sirkuit.

-Kekurangan

Tegangan input harus selalu lebih tinggi dari tegangan output dengan beberapa jumlah minimum (biasanya 2 volt). Hal ini dapat membuat perangkat ini cocok untuk menyalakan beberapa perangkat dari beberapa jenis sumber daya (misalnya, menyalakan sebuah sirkuit yang membutuhkan 5 volt dengan sumber 6-volt baterai maka tidak akan bekerja menggunakan 7805).
Ketika mereka didasarkan pada regulator linier desain, arus masukan yang dibutuhkan adalah selalu sama dengan arus keluaran. Sebagai tegangan input harus selalu lebih tinggi dari tegangan output, ini berarti bahwa daya total (tegangan dikalikan dengan arus) masuk ke 78xx akan lebih dari daya keluaran yang disediakan. Input daya tambahan hilang sebagai panas. Ini berarti baik untuk beberapa aplikasi yang memadai, heatsink harus disediakan, dan juga bahwa sebagian dari daya input terbuang selama proses, membuat mereka kurang efisien daripada beberapa power supply jenis lainnya. Ketika tegangan input secara signifikan lebih tinggi dari tegangan output diatur (misalnya, menyalakan 7805 menggunakan sumber daya 24 volt), inefisiensi ini bisa menjadi masalah yang signifikan.
Bahkan dalam paket yang lebih besar, 78xx sirkuit terpadu tidak dapat memasok daya sebanyak banyak desain yang menggunakan komponen diskrit, dan umumnya tidak pantas untuk aplikasi yang memerlukan ampere tinggi .

Setiap model spesifik 78xx dirancang untuk menghasilkan hanya satu output tegangan tetap, sehingga mereka mungkin tidak cocok untuk aplikasi yang memerlukan dikonfigurasi atau keluaran bervariasi (Untuk aplikasi tersebut, gunakan IC LM317 yang tersedia dipasaran, yang mirip dengan IC 78xx namun dapat menghasilkan tegangan dikonfigurasi).


- Jenis Jenis Komponen ini Dipasaran

Yang umum tersedia di pasaran dari IC 78xx adalah, termasuk 7805 (5 volt), 7806 (6 volt), 7808 (8 volt), 7809 (9 volt), 7810 (10 volt), 7812 (12 volt), 7815 (15 volt) , 7818 (18 volt), dan 7824 (24 volt). 7805 adalah umumnya sebagai penyedia tegangan pada komponen TTL.

Yang Kurang umum adalah versi daya yang rendah seperti seri LM78Mxx (500 mA) dan seri LM78Lxx (100 mA) dari National Semiconductor. Beberapa perangkat memberikan tegangan yang sedikit berbeda dari biasanya, seperti LM78L62 (6,2 volt) dan LM78L82 (8,2 volt) serta STMicroelectronics L78L33ACZ (3,3 volt)

- Perangkat komponen yang tidak ada hubungannya dengan seri 78xx.
The LM78S40 dari National Semiconductor bukan bagian dari keluarga 78xx, dan tidak menggunakan desain yang sama. Ini adalah komponen dalam switching regulator desain, dan bukan merupakan regulator linier seperti perangkat 78xx lainnya. Juga 7803SR dari Datel adalah full switching power supply modul (dirancang sebagai drop-in pengganti untuk 78xx chip), dan bukan regulator linier seperti IC 78xx.

Semoga Membantu.

No comments:

Popular Posts