Bagaimana Cara kerja mesin las listrik? Serta rangkaian mesin las inverter

Bagaimana cara kerja las listrik? teman-teman mungkin pernah bertanya, apa sebenarnya yang dilakukan las listrik sehingga bisa melelehkan kawat las?.

sebenarnya sebuah mesin las sejatinya adalah sebuah adaptor penurun tegangan. Sebuah mesin las umumnya mengeluarkan output sekitar 40 volt dengan daya yang besar hingga mampu mengeluarkan ratusan ampere. Dengan kemampuan daya besar ini las listrik bisa melelehkan kawat las.

Saat kawat las bekerja, sebenarnya saat itu kita mengkonsletkan atau membuat arus pendek antara positiv dan negativ (biasanya negativ kita sambungkan ke benda yang akan dilas, dan positiv kita sambungkan pada kawat las). Kawat las sendiri adalah sebuab kawat besi yang dibungkus bahan sejenis kembang api kawat dengan kemampuan melelehkan kawat. Lapisan inilah yang menyala terang saat kita melakukan pengelasan.

Saat ini sudah ada mesin las dengan sistem adaptor switching atau mesin las inverter. Inverter ini sangat ringan dibanding mesin las dengan menggunakan trafo besar, karena inverter menggunakan rangkaian yang sistem kerjanya sama dengan regulator elektronik yang banyak  digunakan sekarang (Misalnya adaptor ps2, cas hp, cas laptop dll), dimana hanya menggunakan rangkaian sistem switching.

Inverter juga sudah memiliki pengaturan output secara digital. Dan menurut pengalaman, mesin las inverter ini juga tidak membutuhkan daya besar seperti mesin las trafo, sehingga anda tidak perlu memiliki daya listrik besar dirumah.  Dengan demikian sangat mudah digunakan dan tentunya enak di bawa kemana-mana.

dibawah ini saya cantumkan contoh rangkaian mesin las inverter.

Semoga informasi diatas bermanfaat ya.

No comments:

Popular Posts