Ayo perbaiki kipas angin sendiri

Punya kipas angin rusak??  hampir setiap rumah memiliki kipas angin, juga banyak orang yang memiliki kipas angin rusak dan malas untuk membawanya ketempat servis. Hal ini dapat dimaklumi karena harga kipas angin yang murah, jangan sampaj onkos servisnya hampir menyamai harga baru.

Namun sebenarnya memperbaiki kipas angin ini terhitung mudah, Dan ini membuat anda lebih hemat serta mendapat pengalaman.  jika anda bisa menggunakan sebuah tespen, maka kemungkinan besar anda bisa memeriksa kerusakan dan memperbaikinya.

Ok langsung kita mulai. Pertamatama buka baut kipas bagian saklar hingga anda dapat melihat kabel kabel pada saklar pilih. Kemudian  Lihat kondisi spul kipas, apakah ada tanda-tanda terbakar atau hangus?  jika terbakar maka anda wajib ganti spul. Jika spul terlihat baik dan tidak terlihat hangus,  maka coba putar kipas dengan menggunakan tangan anda apakah terasa keras atau terasa biasa saja? Jika terasa agak keras maka lepaskan kipas dari mesin dan teteskan beberapa tetes oli pada poros atau as mesin hingga terasa longgar putarannya.

Jika terasa sudah terasa longgar kemudian anda colokan kabel listrik dan hidupkan saklar.  kemudian pegang mesin kpas kipas, Apakah sudah berputar(kalo udah berputar berarti udah sip dong sob) atau hanya terasa bergetar kecil atau pula tidak teras apa-apa?? jika hanya bergetar kecil maka kemungkinan anda harus mengganti kapasitornya. Dan jika tidak terasA apa-apa, maka anda harus mengecek menggunakan tespen, apakah dari saklar ada terdapat tegangan atau tidak? (jika kebetulan yang masuk ke saklar bukan kabel yang menyala ditespen atau kabel ground, maka balikan posisi colokannya).

jika saklar tidak menghantar maka ganti saklarnya, tapi jika saklar bagus maka kemungkinan besar fuse atau sekringnya rusak. Sekring ini biasanya terdapat pada jalur kabel ground (ini adalah kabel dari kabel input listrik yang tidak melewati spul atau langsung menuju ke mesin kipas). Biasanya sekring terbungkus pada sambungan kabel ini dengan kawat lilitan mesin didalam spul. bentuknya seperti komponen elektronika resistor atau kapasitor kecil, namun ini sebenarnya adalah sebuah sekring.

Cobalah dengan agak hati-hati mengeluarkan sambungan kabel ground  ini dari lilitan. Anda hanya harus menjaga jangan sampai sambungan ini putus. Jika sudah menemukan yang dimaksud, maka coba lakukan pengetesan dengan tespen, apakah ada tegangan tembus melewati sekring atau tidak. Jika tidak ada tegangan tembus maka sambung langsung saja sambung tadi tanpa melewati sekring.

Tapi jika sekringnya bagus (yaitu tegangan bisa melewati sekring), maka anda bisa melakukan tes yang sama pada spul kipas angin ini. Jika spulnya bagus juga, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada kapasitornya, langsung gantu kapasitor.