Cara mengetahui pin out atau keluaran transistor, ic, triac, scr dan komponen lainnya dengan Datasheet

Bagaimana cara mengetahui kaki transistor tanpa mengkur??  apakah ini mungkin??  tentu saja mungkin sobat. Ini adalah salah satu cara mengetahui pin out transistor yang paling mumpuni bagi sebagian penghobi elektronika yang masih pemula. Bahkan cara ini berlaku untuk komponen lainnya seperti scr, triac, ic, dan lain sebagainya.

Mencari di internet, ya.  Inilah cara paling mudah mencari data pin out komponen elektronika. Dengan cara ini kita bisa mengetahui spesifikasi berbagai komponen elektronika, mulai dari resistor hingga ic.

Namun demikian, tidak semudah itu mencari data pin out di internet. Butuh sedikit tips dalam menuliskan keyword atau kata kunci pencarian untuk menemukan apa yang kita butuhkan.

Nah berikut beberapa tips melakukan pencarian pin out dan spesifikasi suatu komponen elektronika di internet :

1. Gunakan keyword  "datasheet"
setiap komponen elektronika mempunyai data spesifikasi nya yang disebut datasheet, ini berisikan data mulai dari jenis komponen, tegangan kerja misalnya dan lainnya yang menyangkut komponen tersebut.

Contoh untuk mencari pinout tr 3055 maka tulis "datasheet 3055" pada kolom pencarian google.

2.  Menggunakan keyword "pinout" tentu saja :)
menggunakan keyword pinout akan menemukan hasil pencarian yang lebih khusus pada pinout atau data setiap kaki komponen yang kita cari.

3. Gunakan tanda -  (minus) pada kata yang tidAk diinginkan ada dalam hasil pencarian.

Contoh : saat anda mencari "datasheet 3055". Kemudian hasil pencariannya malah banyak mengandung hasil 3505, yang mana ini merupakan hasil dari perkiraan si-google bahwa kita salah ketik atau 3505 lebih populer daripada 3055 (padahal sok tahu dia). Maka anda bisa menggunakan keyword berikut "datasheet 3055 -3505" pada kotak pencarian.

Ok bro pembaca setia blog abangelektronika.Blogspot.com ini. Semoga terbantu dengan artikel diatas. Salam hobi elektronika.

No comments:

Popular Posts