Cara memberbaiki mikrofon

Bagaimana cara memperbaiki microphone?  micriphone atau mic adalah salah satu peralatan elektronika yang paling mudah diperbaiki, bahkan bagi orang yang awam atau tidak tahu elektronika bisa dengan mudah diperbaiki sendiri.

micriphone yang di maksud disini adalah mic biasa yang menggunakan kabel, bukan mic yang wire less atau tanpa kabel. Mic biasa termasuk sangat mudah diservice sendiri dikarenakan kesederhanaannya. Komponen yang terdapat dalam mic biasa hanyalah :
1. Spul mic
2. Saklar on off
3. Kabel

thats it...  Hehehehe sok inggris nih penulisnya.. 
nah itu dia kira-kira isinya atau jeroan sebuah mic biasa. Ok..  Abangelektronika.blogspot.Com akan menjelaskan langkah-langkah melakukan servis Mic biasa. Siap...  Siap...  Hehehe...  Ok..  Ini dia :

alat yang di gunakan antara lain :

solder (bisa minjem temen yang punya)
tang dan obeng kalo perlu
avo meter atau multi meter (minjem juga boleh sama temen yang punya, yang gak punya gak usah di pinjem buang-buang waktu, udah tau buang-buang waktu pake ditulis lagi nih si abang)

langkah-langkahnya :

Buka penutup atas mic. Caranya diputar (jangan dijilat, mang or*o) sampai lepas
angkat spul perlahan. Lihat ada dua kabel menempel pada spul mic
atur skala avo meter pada x1 ohm.
Pastikan mic tidak tercolok atau terhubung pada apa pun, entah itu power dan lain-lain.
Letakan salah satu probe (ituloh ujung avo meter yang kayak polpen) pada salah satu tempat menempelnya kabel pada spul.
satu probenya lagi di taro di tempat kabel lainnya yang menempel pada spul, trus di gesek-gesek ujung probenya pada tempat tadi.
dekatkan telinga pada spul jika terdengar kresek kresek maka di pastikan spulnya bagus. Kalo gak terdengar kresek berarti spul rusak bro... Solusinya langsung ganti spulnya. Beli ditoko elektronika. Tinggal solder aja kabelnya yang nempel.

Kalo spul bagus maka pemeriksaan berlanjut ke sakelar.
Dengan posisi skala avo meter masih seperti tadi letakan salah satu probenya pada kaki tengah saklar. Dan letakan probe satunya lagi pada kaki saklar yang lainnya yang terdapat kabel menempel pada kaki tersebut. Lalu on kan saklar nya dan lihat jarum avo meter bergerak atau tidak, jika bergerak maka saklar bagus. Jika tidak bergerak maka coba pada kaki saklar yang satunya jika tetap tak bergerak maka dipastikan saklar nya rusak sob...  Ganti pake yang baru, jangan ganti pake yang rusakk..; ))

jika saklar bagus maka kerusakan micnya ada pada kabelnya. Periksa :

avo meter tetap pada skala x1. Letakan salah satu probe pada salah satu out pada ujung jack (itu tuh ujung kabel mic yang ditancepin ke power). probe Yang kedua letakan pada salah satu ujung kabel mic misalnya ujung kabel yang menempel di saklar. Jika jarum bergerak maka kabel bagus satu (kabelnya ada dua lho..  Blum selesai), jika tidak bergerak maka pindahkan probe yang kedua pada ujung kabel yang nempel pada spul, jika gerak kabel bagus satu, jika tidak bergerak maka kabek dipastikan putus. Lakukan cara yang sama pada out yang satunya pada jack kabel.

Nah semoga membantu kawan..  Jangan bosan  berkujung di abangelektronika.blogspot.com ini yahh.  Salam hobi elektronika..

No comments:

Popular Posts