Apa arti NPN dan PNP pada transistor..??

Apa arti NPN dan PNP pada transistor..??

Teman-teman sekalian, banyak diantara kita yang masih bingung mengenai arti NPN dan PNP, untuk itu saya akan bahas mengenai istilah NPN dan PNP ini dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah untuk di mengerti .

Untuk mengerti arti NPN dan PNP terlebih dahulu kita mengerti kepanjangan dari NPN dan PNP tersebut, yaitu NPN adalah negatif positif negatif dan PNP adalah positif negatif positif.
Secara sederhana NPN dan PNP adalah istilah untuk transistor sesuai tipe arus kerjanya,  yang mana NPN adalah tipe transistor yang bekerja atau mendrive (mengalirkan ) arus negatif dengan positif sebagai biasnya. Artinya transistor NPN akan mengalirkan arus negatif dari emitor ke kolektor (emitor sebagai input dan kolektor sebagai output)  jika kaki basisnya diberi arus positif. Sebaliknya Demikian juga dengan transistor tipe PNP akan mengalirkan arus Positif dari emitor ke kolektor  (emitor sebagai input dan kolektor sebagai output juga) jika kaki basisnya diberi arus negatif.

Anda dapat melihat dari berbagai gambar rangkaian yang ada, maka akan anda temukan betapa mudah memahami sistem kerja transistor dengan memahami penjelasan sederhana diatas.

Pada gambar rangkaian transistor NPN dan PNP dapat dibedakan dari simbolnya, walaupun hampir sama, namun simbol untuk NPN dan PNP berbeda, yaitu Tipe Transistor NPN simbolnya memiliki ciri berupa tanda panahnya mengarah keluar lingkaran. Sedangkan PNP memiliki simbol dengan tanda panah mengarah kedalam.

Nah sobat, semoga uraian diatas dapat membantu menambah pengetahuan kalian..

No comments:

Popular Posts