Mengenal LDR atau sensor cahaya dan cara mudah menggunakannya

LDR atau singkatan dari light depending resistor, yaitu resistor yang hambatannya berubah-ubah sesuai dengan intensitas cahaya yang diterimanya. LDR sering dimanfaatkan sebagai sensor cahaya pada rangkaian-rangkaian elektronika yang bekerja dengan sensor cahaya, misalnya rangkaian lampu taman otomatis, rangkaian alarm anti pencuri dan lain sebagainya.

Cara kerja LDR adalah dengan menjadikan perubahan intensitas cahaya menjadi perubahan nilai hambatannya. Artinya semakin tinggi intensitas cahaya yang diterima oleh LDR, maka semakin kecil hambatannya. Sederhananya, semkain terang cahaya yang diterima LDR maka semakin mudah dilalui oleh arus listrik (karena semakin kecil hambatannya).

Oleh karena sifatnya ini LDR banyak digunakan pada rangkaian-rangkaian sensitif cahaya. Misalnya pada lampu taman otomatis yang akan hidup saat cahaya matahari mulai redup atau saat matahari tenggelam.

Ini memanfaatkan sifat LDR yang jika tidak menerima cahaya maka hambatannya tinggi. Yaitu dengan memasang LDR pada antara Sumber tegangan positif dengan kaki basis transistor PNP yang tentu saja kaki basis ini juga terhubung dengan sebuah resistor variabel atau potensiometer yang mana satu kakinya potensiometer ini menuju sumber tegangan negatif. Resistor inilah yang mengaktifkan transistor (yang mana kaki kolektornya menuju relay sebagai saklar lampu dan emitornya tersambung dengan sumber positif), dan jika LDR menerima cahaya yang cukup (pada siang hari) akan membuat transistor nonaktif dan mematikan relay, ini karena LDR menyalurkan positif pada basis transistor PNP tersebut.

Lebih jelasnya lihat gambar dibawah

No comments:

Popular Posts