Apa itu konsleting??

Sering dengar kata-kata konslet atau arus pendek listrik?? biasanya dalam sebuah berita dikatakan penyebab kebakaran dikarenakan konsleting atau arus pendek listrik. Apa itu arus pendek listrik?? bagaimana arus pendek listrik bisa menjadi penyebab kebakaran?? mari kita simak penjelasan dibawah ini. Mantap..

Konslet atau konsleting yang sering disebut juga arus pendek listrik adalah kondisi dimana terjadi pertemuan langsung antara kabel positif dan kabel negatif. saat terjadi konsleting ini Hambatan antara kabel positif dan kabel negatif sangat kecil (sekitar 1 ohm), ini otomatis membuat arus listriknya menjadi sangat besar. Arus yang besar ini tentunya akan membuat MCB atau sekring atau jenis pembatas arus lainnya akan memutuskan sumber listriknya, sehingga tidak terjadi percikan api atau yang lainnya.

Namun terkadang alat pembatas arus seperti MCB atau sekring tidak bekerja saat terjadi konsleting, ini bisa diakibatkan karena rusaknya MCB atau sekring atau penyebab lainnya. Pada jaringan listrik di rumah biasanya konsleting terjadi karena terkelupasnya kulit kabel dan terjadi gesekan antara kabel positif dan negatifnya (kabel phasa dan nolnya kalau istilah di arus AC) dan terjadi percikan api yang bisa menyebabkan munculnya api jika percikan ini mengenai bahan yang mudah terbakar.

Dari keterangan diatas bisa dimengerti bahwa percikan api adalah penyebab utama terjadinya kebakaran. Dan harus dipahami, percikan api tidak hanya terjadi karena konsleting. Peralatan listrik yang tidak normal atau rusak juga dapat membuat munculnya percikan api. Bahkan saya pernah melihat MCB rusak yang memercikkan api.

Terkelupasnya kabel bisa diakibatkan karena lapuk yang di akibatkan kabel di plafon selalu terkena suhu panas, atau bisa juga karena digigit hewan pengerat seperti tikus. Cara pencegahan konsleting ini selain dengan menggunakan kabel SNI berkualitas baik kita juga harus membasmi tikus penyebab seringnya Kabel terkelupas (gak milih-milih, kabel SNI pun dilibas ama tikus iNi bro..  ).

Nah..  Sudah tau kan kawan. Semoga dari uraian diatas sahabat pembaca dapat memahami istilah konsleting ini.

No comments:

Popular Posts