Bagaimana Cara memperbaiki remot tv, dvd dll

Salah satu peralatan elektronika yang paling sering rusak adalah remot control, entah itu itu remot tv, dvd atau remote lainnya. Biasanya kerusakan remote ini sangat jarang terjadi karena kerusakan komponen elektronikanya. Untuk itu langkah awal dalam memperbaiki remot ini adalah memeriksa keadaan fisik remot, antara lain :

1. Periksa konektor batrei, mungkin sudah berkarat atau patah atau sudah bergeser sehingga bukan pada tempatnya lagi.

2. Periksa solderannya, biasanya solderan yang mudAh retak ada di bagian konektor baterai, bagian ir nya (infra red) itu loh komponen yang mirip lampu led yang berada di ujung depan remote.

3.  Periksa kondisi baterai, mungkin sudah habis dan minta di ganti, atau mungkin berkarat pada bagia konektor, Jika berkarat kerok karatnya dengan pisau cutter hingga bersih.

nah jika pemerisaan secara fisik sudah dilakukan dan remot masih belum bekerja, maka bisa dipastikan ada komponen yang rusak.  langkah selanjutnya adalah mengganti Komponen yang rusak ini.

Pada remot kontrol hanya ada dua komponen yang paling sering rusak yaitu :
1.  IR nya atau infra red nya. Inilah yang paling sering sekali rusak pada remot. Komponen ini bisa dibeli di toko komponen elektronika, namanya infra merah. Atau bisa diambil dari remot lain yang sudah hancur dibanting anak-anak. ; ) istilahnya dikanibal.. Kejem ya..

2. Filter cristalnya. Komponen ini bentuknya kotak panjang biasanya berwarna kuning. Kebanya pada bodinya tertulis nilai frekuensi nya. Misalnya 445 dll. Beli komponen ini di toko elektronika, namanya kristal remote, beli yang angka pada bodinya sesuai. Atau bisa diambil dari remot yang hancur juga.

jika remot sudah tidak dapat tertolong maka sebaiknya beli baru aja masbro, agar lebih mudah ganti pake remot universal. Hargnya berkisa antara 20 sampai 40 ribu, tergantung kualitas.

Nah, demikian cara memperbaiki remote. Dari bang ronald www.abangelektronika.blogspot.com   Semoga membantu...

No comments:

Popular Posts