Cara kerja Mcb


Miniature Circuit Breakers (MCB) yang dirancang untuk melindungi perangkat terhadap Kelebihan Beban dan konsleting, mencegah kerusakan peralatan dan hal-hal berbahaya lainnya seperti kebakaran dll.

MCB sangat polpuler di jaman modern (ituloh saklar yang ada di meteran listrik dirumah-rumah), atau disebut juga sekering,namun sebenarnya bukan sekering, karena sekering itu yang menggunakan kawat yang terbakar dan putus jika mendapat beban berlebih atau konslet. MCB merupakan alternatif yang untuk sekering karena mcb dapat direset tanpa harus mengganti kawat sekring yaitu dengan hanya menekan tombol saja.

Sebuah MCB bekerja dengan memutuskan ketika sirkuit kelebihan beban atau ketika hubungan pendek telah terjadi dalam sistem, dan biasanya memiliki maksimal arus  6A, 10A atau tergantung pada tujuan penggunaannya, yaitu untuk perumahan, bangunan komersial, industri atau publik.

Nah jumlah ampere inilah yang menentukan dayanya sebuah rumah. Misalnya 6A, Maka jumlah Dayanya adalah Ampere Dikalikan Tegangan. Dimana Tegangan PLN untuk rumah umumnya adalah 220 Volt . maka,Dayanya adalah 6x220 = Dibulatkan Menjadi 1200.

Nah Semoga artikel ini membantu ya.. 

No comments:

Popular Posts