Perbedaan digital dan analog


Bagi Yang Ingin memulai Hobi Elektronika,adalah wajib mengetahui perbedaan analog dan digital. Hal ini sangat penting untuk diketahui sabagai dasar, yang mana istilah akan banyak digunakan dalam elektronika.

Dalam teknologi analog, gelombang dicatat atau digunakan dalam bentuk aslinya. Jadi, misalnya, dalam sebuah tape recorder analog , sinyal diambil langsung dari mikrofon dan diletakkan ke tape. Gelombang dari mikrofon adalah gelombang analog, dan karena gelombang pada pita analog juga. Bahwa gelombang pada pita dapat dibaca, diperkuat dan dikirim ke speaker untuk menghasilkan suara.

Dalam teknologi digital, gelombang analog sampel pada beberapa interval, dan kemudian berubah menjadi nomor yang disimpan dalam perangkat digital.Misalnya Pada CD , tingkat sampling 44.000 sampel per detik. Jadi pada CD, ada 44.000 nomor yang tersimpan per detik musik. Untuk mendengar musik, angka-angka tersebut berubah menjadi gelombang tegangan yang mendekati gelombang aslinya.

Dua keuntungan besar teknologi digital adalah:
Rekaman tidak Rusak dan berubah dari waktu ke waktu. Selama nomor dapat dibaca, Anda akan selalu mendapatkan persis gelombang yang sama.

Kelompok Angka sering dapat dikompresi dengan mencari pola di dalamnya. Hal ini juga mudah dengan menggunakan komputer khusus yang disebut prosesor sinyal digital (DSP) untuk memproses dan memodifikasi aliran angka.

Jadi contoh analog dan digital sudah terwakilkan oleh kaset pita dan cd audio. Dimana Kaset merupakan Data Analog dan CD merupakan Data digital.

Semoga Membantu ya..