Kuil sepeda motor, apa dan bagaimana kerjanya?

Apakah itu Koil sepeda motor ? Apa fungsi koil sepeda motor?  Bagaimana cara kerja Koil sepeda motor?

 Mungkin ini yang sering ditanyakan para pemula pemula atau pelajar pelajar permesinan. koil sepeda motor sejatinya adalah sebuah trafo atau transformator Step Up yang berfungsi untuk menaikkan tegangan, sehingga dapat menghasilkan tegangan yang sangat tinggi untuk kemudian disalurkan ke busi sehingga dapat melakukan pembakaran di ruang  pembakaran mesin.

cara kerja coil yaitu dengan merubah atau menaikkan tegangan dengan sistem trafo step up, pada trafo step up gulungan sekunder nya lebih banyak daripada golongan primer nya. untuk menaikkan  tegangan pada trafo step up dibutuhkan rangkaian khusus yang merubah tegangan DC menjadi tegangan AC bolak-balik sebelum masuk ke trafo. ini dikarenakan trafo membutuhkan tegangan AC untuk bekerja sehingga ketegangan yang ingin dinaikkan harus dirubah dulu menjadi AC.

pada sepeda motor perubah tegangan ini digantikan oleh platina yang berfungsi untuk memutus Sambungkan dengan cepat arus masuk pada trafo sebagai simulasi arus AC nya atau pada sepeda motor sekarang platina digantikan oleh CDI untuk menggantikan kerja platina secara elektronis.

Nahh... demikian Boss pembahasan saya mengenai koil motor ini semoga membantu dan menambah wawasan Anda Terima kasih

No comments:

Popular Posts