Langkah-langkah melakukan servis speaker aktif

Sebagai penghobi elektronika, kita harus mengetahui langkah langkah perbaikan speaker aktiv. Mengapa?  karena speaker aktiv memiliki blok rangkaian yang cukup lengkap. Dalam sebuah speaker aktiv minimal terdapat sebuah rangkaian power supply, rangkaian power amplifier, dan rangkaian tone control (pengontrol nada bass, trebell, midle dll).

Belum lagi pada speaker aktiv yang agak lengkap, maka akan lebih banyak rangkaian tambahan didalamnya. Seperti preamp untuk input microfon, modul usb mp3 dll.

Yang akan saya share disini adalah bagaimana step by step memperbaiki speaker aktiv ini?  Dan apa saja modul yang kemungkinan rusak dalam tiap step menurut hasil pemeriksaannya.

berikut langkah-langkah memperbaiki speaker aktiv :

langkah awal yang  harus anda periksa adalah power suplly, pastikan apakah rangkaian power suplly bekerja atau tidak (menghasilkan daya atau tidak). Pastikan saklar bekerja, kabel tegangan dan kabel ac baik. Perlu diperhatikan, Untuk speaker aktiv dengan sistem transistor tertentu, power suplly nya memiliki transformator ct ( centre tap) Yang menghasilkan tengan dengan keluaran positif (+),  neganif (-),  dan nol (0). Nah pastikan semua keluaran power suplly ini menghasilkan tegangan yang diperlukan.

selanjutnya setelah memastikan power supply baik, maka coba dengarkan pada bagian speaker, apakah mengeluarkan suara berdengung atau tidak?  pada kebanyakan kasus, kerusakan speaker aktiv ada pada bagian rangkaian power amplifiernyA. Termasuk mengeluarkan suara dengung keras, ini kemungkinan besar kerusakan ada pada bagina tersebut, yaitu power amplifier.

selanjutnya jika tidak terdengar dengungan coba cek masukan dan keluaran tone control. Jika tidak ada masalah, setelah pastikan power amplifiernya tidak rusak, maka lanjutkan pada langkah selanjutnya.

langkah berikutnya jika suara masih tidak keluar adalah memeriksa speaker. Pemeriksaan  speaker bisa dengan cara yang pernah saya tulis di blog ini sebelumnya. Jika speaker rusak, maka anda harus menggantinya dengan yang baru, kecuali anda memiliki kemampuan memperbaiki speaker yang memang sulit untuk diperbaiki (kadang hasil servis speaker kurang jernih).

Semoga artikel ini membantu anda. Silahkan mencoba.

No comments:

Popular Posts