Cara memeriksa sekring

Bagaimana cara memeriksa sekring?  apakah suatu sekring sudah putus atau masih baik?  bagaimana cara mengetahui sekring putus!?

sebelumnya mari kita ketahui dulu apa itu sekring?  dan bagaimana cara kerja sekringsekring atau sekering atau fuse adalah salah satu komponen elektronika yang berfungsi sebagai pemutus rangkaian jika arus yang melewatinya melebihi batas arus yang dimilikinya. Cara kerjanya adalah : misalnya suatu sekring bernilai 1 Amper. Maka sekring tersebut dipasang pada suatu rangkaian yang arus kerjanya dibawah satu amper, dimana tempat meletakkan sekring?  sekring biasanya dipasang pada input power supply suatu rangkaian pada kutub positif. Nah jika terjadi konslet atau masalah pada rangkaian maka akan terjadi kelebihan arus yang melewati sekering hingga melebihi 1 amper. IniLah menyebabkan sekering putus.

nilai sekring dinyatakan dalam amper. Misalnya 1amper, 2 amp, 3 amp dst.

Bagaimana cara memeriksa sekring putus??  cara paling sederhana ada dengan cara melihat langsung pada fisik sekring. Pada sekring putus atau sekring terbakar maka akan terlihat pada fisiknya. Anda cukup melihat pada fisiknya langsung dan melihat jalur sekring. Namun, jika anda kurang yakin dengan melihat langsung, anda dapat memeriksa sekring menggunakan avo meter.

Bagaimana cara mengukur atau memeriksa sekring dengan avometer?  sangat mudah. Atur skala pengukuran pada x1 ohm. Letakan probe merah pada salah satu kaki sekring dan probe hitam pada kaki yang satunya. Jika jarum bergerak maka sekring dipastikan masih baik. Jika jarum tidak bergerak maka sekring berarti sudah rusak. Maka anda harus mengganti sekring anda dengan sekring baru.

Tips: untuk keamanan  jangan memperbaiki sekring dengan cara menyambungkan kabel pada dua kakinya, meskipun kabel kecil hal ini tetap membuat sekring tidak bekerja dengan baik. Karena nilai Ampernya yang berubah dan tidak tepat dan hal ini dapat membuat terjadinya hal tak diinginkan seperti terbakar, konslet dan lainnya. Terkecuali anda dalam keadaan darurat dan anda memiliki skil untuk hal tersebut. Namun yang terbaik adalah mengganti sekring dengan nilai yang tepat.

Nah semoga bermanfaat artikel dari abangelektronika.blogspot.Com..

No comments:

Popular Posts