Bootloader arduino

istilah Bootloader  dalam dunia mikrokontroler dapat diartikan suatu kode yang Yang berupa program kecil untuk mengenali program yang nantinya akan kita isikan pada chip mikrokontroler tersebut. Bingungkan!!!  kalo dalam dunia komputer mungkin sistem operasinya kali ya...  Atau istlah awamnya windows nya gitu..  (Sok tau mode on)
nah...
Nah apa ya??? :)
Inilah project pertama saya, membuat "Arduino bootloader burn station",.  Apaan tuh???  apa itu sejenis stasiun pengisian bahan bakar yang dikendalikan oleh mikrokontroler arduino???
hehehe..  Tentu bukan itu kawan. Itu adalah alat untuk memburning atau mengisikan kode bootloader pada sebuah chip atmega328p yg digunakan pada board arduino. Untuk info nih kawan, chip atmega itu dijual dalam keadaan kosong tanpa program bootloader istilahnya masih Blank. Ini berarti chipnya blm bisa digunakan pada board arduinonya.  Meski ada yang jual sudah terprogram bootloader, tapi itu dengan selisih harga yang lumayanlah untuk kantong saya.
Lho emangnya arduino dijual tanpa chip ya??? 
bukan kawan, arduino dijual tentu saja dengan chip atmega328p nya. Dan sudah ada bootloader nya pula.
Trus buat apa susah-susah bikin arduino bootloader station itu???
bila anda nanti ingin membuat suatu project  dengan arduino sebagai kontrolernya. Maka anda bisa membuat sendiri arduino sendiri dengan biaya murah, tanpa mengurangi fungsinya.
Masih kurang jelas gan!!!  jelasin lagi dong??
emang blum selesai kali....
Lanjut..
Nah...  (nah lagi.. ) :)
Ok, karena board arduino asli Harganya mahal,  dengan membuat sendiri kita bisa lebih hemat. Istilahnya stand alone arduino. Biasanya ini sangat sederhana dan tanpa port usb jadi mudah dirakit.
Trus...?
langkahnya gini kira-kira. Kita beli chip blank trus di burning bootloader nya pake alat ini. Trus kita pasang dan program chipnya pada board aslinya (chip yang nempel di board aslinya di cabut dulu tentunya). Kalo sudah terprogram dengan yang kita inginkan tinggal di cabut dan pasang pada stand alone kita.
Dengan begitu kita bisa hanya keluar dana sepertiga dari harga aslinya.  Wooww. Kalo aslinya 300 ribu rupiah maka kita hanya akan keluar dan sekita seratus ribu rupiah atau kurang.
Inilah alasan saya membuat arduino burning bootloader station ini. Cukup miliki satu board arduino asli. Dan untuk berikutnya menggukan standalone.
Berikut tutorials yang saya gunakan. Monggo di copy k browsernya.. Hihi..
http://www.blog.famosastudio.com/2011/11/bengkel/membuat-arduino-bootloader-burner-station/433 hasilnya... silahkan lihat fotonya..


No comments:

Popular Posts