Belajar cara menyolder elektronika

Menyolder merupakan tekhnik wajib bagi para penghobi elektronika. Dimana hampir di setiap projek pasti membutuhkan penyolderan. meskipun terdengar mudah, cara menyolder juga memerlukan tips tersendiri demi menghindari kesalahan yang mungkin atau sering terjadi

dalam dunia mikrokontroler semisal arduino yang sekarang sedang saya dalami, meskipun banyak  shield dan modul tambahan yang menggunakan konektor dalam menghubungkannya, penyolderan tetap diperlukan. Misalnya untuk sensor, motor atau komponen pendukung lainnya. Karena tidak selamanya anda dapat menggunakan beard board (papan untuk projek yang di pakai sebagai pengganti pcb sementara tanpa menyolder).

teknik menyolder bukan sekedar menempelkan timah kemata solder, melainkan lebih dari sekedar itu. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam menyolder. Antara lain :

1.  Pilih solder yang tepat.
Maksudnya adalah menentukan watt/daya dan ukuran solder. Ini tergantung selera dan kebiasaan saja, tapi disarankan untuk menjaga suhu komponen (terutama menyangkut mikrokontroler) , sebaiknya menggunakan solder dengan kualitas bagus walau berkuran kecil. Atau bisa dengan mengganti mata solder dengan kualitas bagus. Dengan ini timah akan mudah meleleH dan mudah melekat, sehingga proses solder bisa cepat dan komponen tidak menerima panas berlebihan dalam proses penyolderan. Yang mana hal ini bisa menyebabkan komponen rusak.

2.  Sabar.
Saat anda menyolder pada satu titik, jangan berlama-lama pada titik tersebut dalam waktu lama. Misalnya karena tidak lengket timahnya atau hal lainnya. Bila saat menyolder di satu titik  terjadi masalah semisal Tidak lengket, maka sebaiknya anda beralih ketitik penyolderan  berikutnya sambil menunggu titik tadi dingin. jangan pernAh terburu-buru melanjutkan penyolderan bila timah tidak lengket.

3. Teliti.
Teliti disini maksudnya adalah memperhatikan apa yang kita solder. Berlatihlah untuk rapi dan tidak berlebihan dalam menggunakan timah solder, agar tidak terlihat belepotan apalagi sampai mengenai titik solder yang tidak seharusnya terkoneki disekitarnya. Inilah yang harus anda teliti benar dan sabar agar pekerjaan anda  tidak gagal dan malah membuang waktu anda lebih banyak.

4. Bersihkan yang akan disolder.

Cara paling efektif membersihkan yang akan disolder adalah dengan menggunakan amplas atau kertas pasir. Gunakan kertas pasir yang halus. Alternatif lain untuk membersihkan adalah dikerok dengan pisau cutter, misalnya untuk area yang tidak bisa terjangkau oleh kertas pasir karena sempit atau dalam.

5. Gunakan timah berkualitas.

Gunakan selalu timah berkualitas. Ini sangat mempengaruh kekuatan solderan. Timah solder yang berkualitas hasil solderannya tidak akan mudah retak atau lembek. Hasil solderan dengan timah berkualitas akan kuat dan masak atau mengkilap.

Itulah antara lain kira-kira poin-poin yang harus diperhatikan dalam tekhnik menyolder, tentunya untuk meningkatkan kemampuan menyolder dibutuhkan latihan secara terus-menerus dan serius.

Terakhir jangan lupa membersihkan mata solder saat digunakan atau sedang panas dengan menggunakan bahan pembersih seperti damar atau bisa digosok pada batu-bata merah.

selamat mencoba.