Cara menghitung nilai resistor SMD

Cara menghitung nilai resistor SMD ( itu lhoo... resistor yang kecil yang biasa digunakan pada peralatan elektronik buatan pabrik sekarang, Biasanya berwarna hitam ). Pada dasarnya sama dengan menghitung nilai pada kapasitor yang mana terdapat tiga angka yang tertulis pada bodinya. Hanya saja perbedaannya adalah satuannya saja. Dimana pada kapasitor satuannya adalah piko farad sedangkan pada resistor SMD satuannya adalah ohm. 

Misalnya jika tertulis 123 maka nilai resistor tersebut adalah 12.000 ohm = 12 kilo ohm. Angka ke 3 menunjukkan jumlah nol dibelakangnya. Contoh lain misalnya tertulis angka 685 maka nilai resistor tersebut adalah 6800.000 ohm = 6800 kilo ohm = 6,8 Mega ohm.
Beberapa resistor mempunyai kode unik dalam membaca nilainya, tergantung pabrik pembuatnya. Misalnya 068 maka nilainya jika ada garis bawahnya adalah 0,068 ohm. Atau jika tertulis R033 maka nilainya adalah 0,033 ohm.

Untuk itu sangat disarankan untuk melihat datasheet nya diinternet. Hal ini dikerenakan adanya kode unik yang tidak umum yang biasa digunakan oleh pabrik.

No comments:

Popular Posts