Semudah Arduino

Alasan kebanyakan orang memilih arduino sebagai board mikrokontrolernya adalah karena arduino itu mudah. Beberapa tutorial arduino bahkan mengatakan tidak perlu dasar coding untuk menggunakan arduino, karena sudah banyak tersedia library-library untuk di download sesuai kegunaannya.  saat di download Library ini pun biasanya menyertakan beberapa contoh penggunaan dengan berbagai fungsi.

ok. Ada banyak alasan mengatakan arduino itu mudah, selain yang saya sebutkan diatas.  misalnya banyaknya shield yang tersedia,  Banyak tutorialnya, dan sudah ada yang jual di indonesia (silahkan liat posting2 sebelumnya). Dan masih banyak lagi alasan untuk mengatakan arduino itu mudah digunakan.

Namun demikian kawan...  Mudah disini bukan berarti semudah mempelajari cara menggunakan hp blackberry yang baru saja anda beli misalnya. Anda akan mengatakan arduino itu mudah saat anda sudah mengetahui berbagai ilmunya pada tingkat tertentu, kecuali anda sudah punya dasar mikrokontroler lain sebelumnya.

Anda harus berusaha sendiri mencari berbagai tutorial yang kebanyakan masih bahasa inggris teknik, mencari contoh project, penjelasan librarynya atau library apa yang harus dipakai pada project tertentu. Ini benar-benar membutuhkan keseriusan anda untuk memulai dan menjalankannya.

Tentu saja semua kesulitan itu tidak akan terasa sulit jika dilakukan dengan suka dan rasa penasaran yang membuat anda bersungguh-sungguh. Terlebih saat bisa menyelesaikan suatu project dengan terlebih dahulu gagal beberapa kali. Semuanya terbayar saat melihat hasil kerja kita.

mungkin jawaban tepat dari pertanyaan : seberapa mudahkan arduino??

jawabannya SEMUDAH ARDUINO

plus foto arduino saya dan kawan-kawan nya.


No comments:

Popular Posts